BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Akhir November Memasuki Awal Musim Penghujan, Waspada Anomali Cuaca disertai Angin Kencang! - Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! - Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

BPBD Raih Juara III, Lomba Publikasi Inovasi Daerah Tingkat OPD Se-Kabupaten Probolinggo

BPBD Raih Juara III, Lomba Publikasi Inovasi Daerah Tingkat OPD Se-Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO – Senin, 26 November 2018 Bagian Humas, Protokol dan Rumah Tangga bersama Probolinggo Televisi atau yang biasa dikenal dengan ProTV melaksanakan Tehnical Meeting untuk Lomba Publikasi Inovasi Daerah bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan Se-Kabupaten Probolinggo. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kasi Humas yang kemudian dilanjutkan dengan beberapa materi terkait publikasi yakni tentang penulisan berita dan fotografi oleh Pimpinan Redaksi ProTV.

Bagaimana penulisan berita yang baik, tepat dan sesuai dengan kaidah jurnalistik disampaikan dalam kegiatan tersebut termasuk kesesuaian berita dengan dokumentasi yang dilampirkan. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian petunjuk teknis dan pelaksanaan lomba. Peserta lomba diikuti sedikitnya oleh 24 perwakilan kecamatan dan 32 OPD di Kabupaten Probolinggo. Peserta diberikan waktu selama kurang lebih satu minggu untuk menyusun berita terkait inovasi pada masing - masing OPD dan Kecamatan dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Hasil penulisan dikumpulkan selambat-lambatnya pada Senin, 03 Desember 2018 melalui alamat email ProTV yang terdapat pada petunjuk teknis pelaksanaan lomba.

Rabu, 05 Desember 2018 bertempat di Pantai Bentar, Kecamatan Gending peserta berkumpul untuk mendengarkan pengumuman pemenang lomba. Kegiatan tersebut dimulai dengan laporan ketua panitia oleh Kasubag Humas, Protokol dan Rumah Tangga Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Bambang Yulius. Selanjutnya kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Probolinggo, Drs. H.A. Timbul Prihanjoko. Berikut cuplikan sambutan Wabup, “Publikasi merupakan satu hal yang penting dalam pembangunan daerah. Sesungguhnya pembangunan daerah tidak hanya dilaksanakan dalam bentuk struktural saja. Namun bersama media dan publikasi justru Kita mengembangkan daerah melalui sosial budaya masyarakat. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kecamatan maupun OPD untuk bersama-sama mendukung pembangunan daerah dengan mengemas produk dan inovasi masing-masing bidang melalui media publikasi,” ujarnya.   

Setelah pembukaan kemudian ProTV mengumumkan pemenang lomba yang terdiri atas Juara Harapan III diraih oleh Kecamatan Krejengan, Juara Harapan II diraih oleh Kecamatan Padjarakan, Juara Harapan I diraih oleh Kecamatan Krucil. Kemudian Juara III diraih oleh BPBD, Juara II diraih oleh Dinas Koperasi dan UMKM dan Juara I diraih oleh Bagian Administrasi Pemerintahan Kabupaten Probolinggo.

Sebagai peserta lomba, BPBD mengangkat tema “SIMONRAIN, Pantau Hujan Hingga ke Desa.” Berita tersebut berisi tentang pengenalan aplikasi SIMONRAIN (Sistem Monitoring Informasi Hujan) sebagai produk inovasi BPBD yang bekerjasama dengan BMKG untuk menyajikan informasi hujan di Kabupaten Probolinggo. Saat ini, telah terjadi hujan di daerah mana saja, desa mana saja dan arah hujan menuju kemana dapat diakses oleh masyarakat melalui alamat web http://prosigab.info atau dapat mengunduh aplikasi dengan keyword PROSIGAB melalui Google Playstore. Selain sebagai bahan partisipasi dalam perlombaan, tema tersebut sengaja dipilih agar masyarakat semakin mengenal SIMONRAIN dan dapat memanfaatkan aplikasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari terutama sebagai media mitigasi ketika musim hujan, mengingat tidak sedikit desa yang berpotensi bencana hidrometeorologi terutama ketika musim hujan di Kabupaten Probolinggo.

Dokumentasi pendukung berita tersebut diambil ketika Kepala Pelaksana BPBD sedang briefing santai bersama Personil Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Probolinggo. Dalam briefing - nya Kalaksa berpesan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan tugas dan fungsi BPBD terutama dalam menghadapi awal musim penghujan dengan memanfaatkan pantauan informasi cuaca melalui SIMONRAIN. Kemudian dokumentasi pendukung kedua diambil pada kediaman seorang warga ketika hujan yang memanfaatkan aplikasi SIMONRAIN sebagai media mitigasi dan pantauan daerah cuaca di wilayahnya yang merupakan daerah rawan bencana tanah longsor.

“Alhamdulillah, bersyukur karena BPBD dapat berpartisipasi pada kegiatan Lomba Publikasi Inovasi Daerah. Saat ini memang publikasi merupakan satu hal penting sebagai pendukung dalam melaksanakan tugas. Selain itu melalui publikasi masyarakat dapat mengetahui inovasi masing-masing OPD dalam melaksanakan fungsinya masing-masing sehingga pelayanan terhadap masyarakat akan lebih optimal. Disisi lain dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana fungsi pencegahan dan kesiapsiagaan mitigasi bencana akan lebih mudah disampaikan kepada masyarakat melalui pemanfaatan media publikasi sehingga diharapkan masyarakat dapat menanamkan budaya sadar bencana sejak dini,” ujar Ir. Anung Widiarto, Kepala Pelaksana BPBD. (vd/pdo)

 

 

Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

PUSDALOPS PB

BPBD Kabupaten Probolinggo.