BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

Bromo Fluktiatif, Radius Aman 1 Km

Bromo Fluktiatif, Radius Aman 1 Km

Kamis, 14 Juli 2016 dalam satu pekan terakhir Kondisi Gunung Bromo sangat Fluktuatif bahkan tercatat dalam laporan rutin Bromo dari Pos Pengamat Gunung Api Bromo PVMBG bahwa beberapa kali mengalami hujan abu di beberapa wilayah terdekat dengan Gunung Bromo. Hasil Evaluasi Bulan Juni 2016 juga disampaiakan tingkat tremor amax Bromo berkisar 0.5 – 35 mm dengan 4 Kali Letusan. Dalam sepekan terakhir telah terjadi hujan abu selama 2 hari di Desa Ledokombo Kecamatan Sumber bahkan material vulkanik Bromo berdampak pada ditutupnya Bandana Abd.Rahman Shaleh Kabupaten Malang. Melihat kondisi Bromo yang masih Fluktuatif saat ini belum menjadi dasar untuk menaikkan status gunung Bromo karena kondisinya yang masih mengalami kenaikan dan penurunan secara fluktuatif sehingga saat ini Status Gunung Bromo adalah Waspada dengan Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo. Hal ini dimaksudkan agar para pengunjung tidak melakukan aktivitas di radius 1 Km Gunung Bromo terutama ketika aktivitas Gunung Bromo mulai meningkat. Selain itu diharapkan para pengunjung tak harus menunggu himbauan dari PVMBG, mereka dapat mengamati ketika dirasa abu bromo mulai terasa dan asap Bromo mulai terlihat pekat sebaiknya segera menjauh dari Kawah Bromo. Dalam sepekan kedepan juga akan dilaksanakan kegiatan budaya lokal bagi masyarakat Tengger yang biasa  disebut “KASADA” , biasanya semakin mendekati kegiatan tersebut jumlah pengunjung Bromo akan meningkat untuk itu BPBD Kabupaten Probolinggo menghimbau bagi masyarakat maupun pengunjung untuk,

  1. Menjauh segera dari Kawah apabila asap Bromo terlihat pekat
  2. Menggunakan baju penghangat sebagai pelindung seperti topi, kacamata, jaket dll
  3. Tetap berhati-hati dan menghormati adat istiadat selama berada di Kawasan Gunung Bromo

Informasi himbauan tersebut akan dipadang dibeberapa titik di sekitar Kawasan Gunung Bromo termasuk juga di pintu masuk Gunung Bromo dengan harapan agar dalam Kondisi Bromo yang Fluktiatif masyarakat juga lebih waspada dan memiliki kesiapsiagaan terutama ketika Erupsi Bromo. (pb/vd)