BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

CUACA BURUK BERDAMPAK PADA KORBAN MD, POHON TUMBANG, TIANG LISTRIK ROBOH DAN RUSAKNYA RUMAH WARGA

CUACA BURUK BERDAMPAK PADA KORBAN MD, POHON TUMBANG, TIANG LISTRIK ROBOH DAN RUSAKNYA RUMAH WARGA

PROBOLINGGO – Jumat, 18 Januari 2019 informasi berasal dari masyarakat yang melaporkan telah terjadi hujan deras disertai angin kencang sekitar pukul 19.52 - 21.19 WIB yang berdampak pada:

  1. Banyaknya pohon tumbang di sepanjang jalan pantura antara Kecamatan Gending hingga Paiton
  2. Rusaknya atap rumah warga dikarenakan hujan deras disertai angin kencang
  3. Telah terjadi banjir di Dusun Mrico Desa Tanjungrejo Kecamatan Tongas dikarenakan luapan air hujan yang tidak tertampung dan sistem drainase yang buruk

Seketika malam itu TRC meluncur dengan 2 Unit Chainshaw dan 1 Unit Mobil Pick Up, menyisir wilayah jalan pintura untuk melaksanakan pembersihan pohon tumbang disepanjang Jalan Raya Pantura Gending – Paiton sembari melakukan assessment. Keesokan paginya proses assessment dilanjutkan dengan identifikasi dampak rumah rusak dan tiang listrik yang roboh. Beberapa personil yang terlibat diantaranya 3 personil TRC, TNI, POLRI dengan dibantu warga setempat.

 “Sedikitnya terdapat 33 rumah rusak dengan rincian 29 rusak ringan dan 5 rusak berat. 7 tiang listrik roboh dan 28 pohon tumbang. Jumlah ini masih jumlah sementara sesuai dengan hasil assessment sementara per Sabtu, 19 Januari 2019. Kemungkinan jumlah tersebut dapat berubah mengingat banyaknya dampak kejadian cuaca buruk kala itu” Ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik.

Kala itu terpantau cuaca cerah berawan namun diiringi angin kencang tanpa disertai hujan, salah seorang warga Desa Sumbercentang Kecamatan Kotaanyar meninggal dunia tertimpa pohon tumbang. Korban segera dievakuasi dan dimakamkan oleh masyarakat setempat. “Saat ini kondisi cuaca tidak terprediksi, dihimbau bagi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terutama ketika hujan deras disertai dengan angin kencang.” tambahnya.

Hingga saat ini proses assessment masih dilanjutkan terutama terkait penggalian data dampak cuaca buruk, mengingat dampak cuaca buruk kala itu relatif banyak dan tersebar pada beberapa titik. Sembari berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait terutama tentang proses penanganan dampak kejadian tersebut. (vd)

 

 

 

 

Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo