BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • WASPADA CUACA FLUKTUATIF ! "Info Cucaca Probolinggo" http://infocuaca.id/probolinggo . STATUS BROMO WASPADA RADIUS AMAN 1 KM !

CUACA FLUKTUATIF, WASPADAI POHON TUMBANG

CUACA FLUKTUATIF, WASPADAI POHON TUMBANG

PROBOLINGGO – Berdasarkan peringatan dini dari BMKG beberapa wilayah saat ini sedang mengalami anomali cuaca yang berfluktuatif. Hujan lebat disertai angin kencang dan petir banyak terjadi di berbagai wilayah salah satunya di Kabupaten Probolinggo. Tidak sedikit laporan yang diterima BPBD Kabupaten Probolinggo tentang kejadian Pohon Tumbang yang disebabkan oleh angin kencang dan hujan lebat. Belakangan BPBD Kabupaten Probolinggo bersama Pengawas Jalan, PU Binamarga dan BLH melaksanakan survey bersama terkait pohon rawan tumbang di sepanjang jalur hijau kabupaten.

Rabu, 30 November 2016 telah terjadi Pohon Tumbang akibat Angin Kencang di Jalur Pantura Desa Brumbungan Lor Kecamatan Gending. Selain berdampak pada arus kendaraan yang melintas, kejadian tersebut berdampak pada seorang pengendara sepeda motor yang melintas hingga meninggal dunia. “Kejadian berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB dikala seorang pengendara melintas tiba-tiba sebuah pohon sengon menimpanya hingga terluka di bagian kepala belakang.” Ujar seorang saksi. “Kebetulan BPBD Kabupaten Probolinggo sedang melintas sehingga langsung mengevakuasi korban ke Puskesmas Gending dan segera indentifikasi lokasi kejadian” Ujar Kasi Pencegahan BPBD Kabupaten Probolinggo. Material pohon tumbang segera dibersihkan oleh masyarakat yang berada dilokasi hingga lalu lintas normal kembali. Selain itu kejadian yang sama juga terjadi di Jalan Raya Ngepung arah Sukapura, tidak ada korban dalam kejadian tersebut hanya pohon yang tumbang menghalangi ruas jalan raya.

Sesuai dengan hasil survey terpantau beberapa pohon rapuh dan akar rawan tumbang akibat terbakar diduga disebabkan oleh masyarakat yang membakar sampah dibawah pohon. Sehingga dihimbau kepada masyarakat agar tidak membakar sampah secara sembarangan dibawah pohon terutama yang berada di jalur hijau dan disekitar permukiman karena dikhawatirkan pohon yang terbakan akan mengering dan segera rawan tumbang.

Kondisi cuaca yang berfluktuatif dan cenderug ekstrim belakangan ini menjadi salah satu fenomena yang harus diwaspadai. Selain dari Pihak Pemerintah Daerah yang bersangkutan akan melaksanakan pemangkasan dan pemotongan pohon yang sudah rapuh dan rawan tumbang terutama di Jalur Utama dan Jalan Besar, dihimbau bagi masyarakat untuk tetap waspada dan berhati hati dalam menyikapi kondisi cuaca yang berfluktuatif. Selain itu dihimbau pula bagi masyarakat untuk segera menebang/ memangkas/ memotong ranting pohon/pohon yang sudah rapuh dan rawan tumbang terutama yang berdekatan dengan bangunan rumah. (pb/vd)

 

 

  • PUSDALOPS -