BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • WASPADA CUACA FLUKTUATIF ! "Info Cucaca Probolinggo" http://infocuaca.id/probolinggo . STATUS BROMO WASPADA RADIUS AMAN 1 KM !

HUJAN LEBAT, Sebabkan Banjir Dan Longsor

HUJAN LEBAT, Sebabkan Banjir dan Longsor

PROBOLINGGO – Selasa 17 Januari 2017 Sejak sore hari sekitar Pukul 16.00 hujan lebat melanda Wilayah Kabupaten Probolinggo secara merata hingga menjelang malam hujan masih mengguyur dengan intensitas sedang. Terpantau kecepatan angin mencapai 28 Km/Jam dari Barat Laut dengan kelembapan udara 75-95%. Tercatat 2 laporan kejadian dari masyarakat dampak kondisi tersebut yakni kejadian banjir dan longsor.

Bermula dari laporan warga telah terjadi tanah longsor di Koordinat -7,8277200, 1130397190 tepatnya di Dusun Krajan RT 4 RW 2 Desa Negororejo Kecamatan Lumbang yang menimpa sebuah teras rumah dan kendaraan roda dua milik Bapak Sukardi (54 Tahun). Lokasi rumah yang berada dekat dengan tebing serta tingginya intensitas hujan dan kondisi struktur tanah yang tidak lagi sempurna menjadi penyebab utama terjadinya tanah longsor di lokasi tersebut. TRC BPBD melakukan identifikasi lokasi dan melaksanakan pembersihan material bersama masyarakat sekitar. Selain itu telah dipasang yellowline agar masyarakat tidak beraktifitas disekitar tebing karena dikhawatirkan selama intensitas hujan masih tinggi akan terjadi longsor susulan.  Sebagai upaya lanjutan BPBD akan berkoordinasi dengan pihak terkait tentang penanganan lanjutan lokasi tersebut.

Masih dihari yang sama sekitar pukul 20.00 WIB terjadi Banjir Genangan di Koordinat -7.721154, 113.087393 tepatnya di Desa Tambak Rejo dusun Nggerdu Kecamatan Tongas. Kondisi tersebut disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi dengan intensitas sedang - lebat terjadi sekitar pkl 16.00 WIB s/d 20.00 WIB. Banjir genangan merendam beberapa rumah warga dengan tinggi genangan kurang lebih sekitar 25 Cm. TRC BPBD melakukan identifikasi lokasi dan berkoordinasi dengan masyarakat serta pemerintah setempat. Sebagai upaya lanjutan akan dipersiapkan alat penyedot air jika hingga keesokan harinya masih air belum surut.

Tidak ada korban dari kedua kejadian tersebut hanya kerugian material dampak longsor serta sebagai dampak banjir genangan tentu meresahkan masyarakat Karena menghambat aktifitas masyarakat. Kondisi cuaca yang belakangan masih diiringi dengan potensi hujan lebat di wilayah Probolinggo dihimbau bagi masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan waspada dalam beraktifitas. Serta diharapkan masyarakat segera melapor ke posko bencana apabila terpantau kondisi yang berpotensi bencana.

 

 

 

 

 

PUSDALOPS PB

BPBD Kabupaten Probolinggo