BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

Kebakaran Hutan Lahan Di Desa Curahsawo Kecamatan Gending

Kebakaran Hutan Lahan di Desa Curahsawo Kecamatan Gending

PROBOLINGGO – Berdasarkan laporan dari warga ke Pusdalops BPBD Kabupaten Probolinggo diinformasikan telah terjadi Kebakaran Hutan Lahan (KARHUTLA) didaerah Desa Curah sawo blok watu kenong Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Laporan masuk pada Hari Kamis, 26 Oktober 2017 pukul 18.00 WIB. Terpantau pada Aplikasi Hot Spot LAPAN terdapat titik panas pada koordinat -7.80654 LS dan 113.28700000000003 BT.

“ Beberapa titik sudah dapat dipadamkan, namun di petak 22 sesuai informasi awal saat ini Api masih belum bisa dipadamkan karena terlalu besar diperkirakan terdapat 3 hingga 5 titik api.” Ujar Eko TRC PB.

Pada pukul 22.00 WIB Api di Blok Watu Kenong dapat dipadamkan. Sedangkan Api di Petak 22 meluas dan merembet ke arah Barat dan Utara. Kondisi Lokasi jauh dari pemukiman warga.  Ketika itu Tim TRC PB melakukan koordinasi secara terus menerus bersama TNI, POLRI, DAMKAR Kabupaten Probolinggo, Perhutani dan TAGANA terkait Proses Pemadaman yang terus meluas mengingat lokasi cukup kering dan angin relatif kencang. Berdasarkan keterangan warga kejadian tersebut disebabkan oleh karena sengaja di bakar oleh masyarakat.

Terpantau kondisi tidak memungkinkan sehingga proses pemadaman ditunda dan dilajutkan esok hari. Jumat, 27 Oktober 2017 Pemadaman dilanjutkan bersama TNI, POLRI, Relawan dan TRC PB namun kondisi api meluas akibat banyaknya daun kering dan angin yang relatif kencang sehingga diputuskan untuk membuat skat/ batas agar api tidak semakin meluas. Proses pemadaman dilakukan secara manual menggunakan ranting pohon. Kondisi tersebut berlangsung hingga siang hari, dan api telah padam ketika sore hari.

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo