BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Krisis Air Bersih Dampak Musim Kemarau Panjang, Gunakan Air Seperlunya! Salam Tangguh Salam Kemanusiaan!

Kebakaran Rumah Di SDN 02 Wangkal, Gading

Kebakaran Rumah di SDN 02 Wangkal, Gading

PROBOLINGGO – Berdasarkan informasi yang masuk ke BPBD telah terjadi kebakaran pada Minggu, 11 Agustus 2019 pukul 08.00 WIB di SDN Wangkal 2 Desa Wangkal Kecamatan Gading. Sumber informasi berasal dari Relawan (Rika Fatmawati). “awal mula terpantau kepulan asap dari dalam gudang bangunan sekolah. Kemudian setelah dihampiri warga ternyata terjadi kebakaran di bangunan tersebut” ujar Rika.

Penyebab kejadian kebakaran diduga dikarenakan arus pendek dan konsleting listrik. Menurut keterangan warga terpantau pada awal mulanya yang terbakar adalah rumah dinas yang tidak di tempati lalu merembet ke perpustakaan sekolah. Dampak kerusakan akibat kebakaran ini yaitu 1 Rumah Dinas, 1 Ruang sarana Pramuka dan 1 Perpustakaan ukuran 4×6 m. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Pusdalops PB berkoordinasi dengan pihak terkait seperti relawan, masyarakat setempat, pihak sekolah dan Pemadam Kebakaran (PMK).

Kebakaran sering terjadi akibat kelalaian pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari hari, tidak sedikit tercatat kejadian kebakaran di Kabupaten Probolinggo dengan penyebab yang beragam. Berikut tips mencegah terjadinya kebakaran,

  1. Jangan menancapkan terlalu banyak kabel pada sebuah stop kontak
  2. Jangan menempatkan benda-benda yang mudah terbakar di dekat kompor, alat pemanas, maupun sumber panas/api lainnya
  3. Jangan merokok di kasur dan di dekat perabotan yang menumpuk. Serta pastikan untuk mematikan puntung rokok
  4. Jangan menggunakan kabel listrik atau kabel sambungan yang sudah rusak
  5. Jauhkan korek dan pemantik api dari jangkauan anak-anak
  6. Beri wawasan kepada anak-anak mengenai bahaya yang akan terjadi jika bermain api
  7. Jangan menggunakan kabel listrik sambungan untuk menyalakan AC atau mesin pemanas
  8. Pasanglah alarm kebakaran serta alat pemadam api pada setiap lantai rumah Anda

Pengetahuan mengenai kebakaran memang masih minim diketahui oleh sebagian besar masyarakat kita. Hal ini dimaksudkan agar dampak kebakaran dapat diminimalisir sejak dini. Apabila terpantau terjadi kebakaran disekitar tempat tinggal sebaiknya segera menghubungi Pemadam Kebakaran untuk meminta bantuan.

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo