BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Krisis Air Bersih Dampak Musim Kemarau Panjang, Gunakan Air Seperlunya! Salam Tangguh Salam Kemanusiaan!

Kenali Bencana Sejak Dini, Melalui MPLS

Kenali Bencana Sejak Dini, Melalui MPLS

PROBOLINGGO – Sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo ketika Rapat Koordinasi Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan pada Bulan Maret 2019 di Surabaya, pada point ke enam disampaikan “Edukasi kebencanaan harus dimulai tahun ini, terutama di daerah rawan bencana, kepada sekolah melalui guru dan kepada masyarakat melalui pemuka agama.” Ujarnya. Kemudian terdapat pula pernyataan “Sebagai negara ditempat rawan bencana, ring of fire, Kita harus siap merespons dan tanggung jawab menghadapi segala bencana alam. Saya minta edukasi lebih baik, konsisten dan lebih dini bisa masuk ke dalam muatan sistem pendidikan Kita” berikut sekilas pernyataan Presiden Joko Widodo disampaikan pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka, Jakarta (7/1/2019).

Sehingga beberapa sekolah kini mulai menyisipkan materi tentang kebencanaan salah satunya melalui Sosialisasi Kebencanaan yang disisipkan pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut.

Berkaitan Kegiatan MPLS Tahun Pelajaran 2019/2020, beberapa sekolah di Kabupaten Probolinggo mengadakan kegiatan sosialisasi kebencanaan. Dalam sepekan ini BPBD mengisi kegiatan tersebut pada beberapa sekolah yang tersebar di Kabupaten Probolinggo. Dimulai pada Selasa, 16 Juli 2019 kegiatan Sosialisasi Kebencanaan dilaksanakan di SMA Negeri 01 Tongas yang diikuti oleh sekitar 200 siswa. Kemudian dilanjutkan pada Rabu, 17 Juli 2019 dilaksanakan di SMP Negeri 01 Dringu yang diikuti oleh 250 siswa. Kamis, 18 Juli 2019 dilanjutkan di SMA Negeri 01 Kraksaan yang diikuti oleh 360 siswa. Selanjutnya akan berlangsung besok pada Jumat, 19 Juli 2019 akan dilaksanakan di SMK Negeri 01 Gending.

Pemateri dalam serangkaian kegiatan ini disampaikan oleh beberapa perwakilan dari BPBD seperti Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bpk. Iskandar MS, Kepala Seksi Kesiapsiagaan Bpk. Maski, Staff Kedaruratan dan Logistik Sdr. Aries Setyawan, Staff Pusdalops PB Silvia Verdiana dan Personil TRC PB, Slamet Ary. Melalui kegiatan sosialisasi ini siswa dikenalkan dengan sebaran potensi bencana di Kabupaten Probolinggo. Selain itu siswa juga dibekali pengetahuan tentang upaya upaya mitigasi bencana serta upaya kesiapsiagaan seperti menyiapkan tas siaga, mengenali peringatan dini dan memahami arti rambu rambu evakuasi. Kemudian siswa baru juga dibekali pengetahuan tentang bagaimana cara mengurangi risiko bencana dan tips penyelamatan diri ketika terjadi bencana. Selain itu sebelum berakhir siswa diajak melaksanakan simulasi sederhana ketika terjadi bencana di sekolah mereka.

Dalam penyampaian materi juga disisipkan dan dikenalkan tentang sistem peringatan dini BPBD Kabupaten Probolinggo sehingga siswa dapat turut serta memantau kondisi spasial di Wilayah Kabupaten Probolinggo terutama yang berkaitan dengan daerah daerah yang berpotensi bencana. Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan juga berpesan diharapkan melalui kegiatan ini siswa dapat menambah pengetahuan tentang kebencanaan dan upaya mitigasi bencana sehingga siswa dapat memahami apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana dan apa yang dapat dilakukan sebelum terjadinya bencana, terutama di lingkungan sekitar tempat tinggal mereka.  Salam Tangguh Bencana!

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo