BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

Kerjabakti Pasca Bencana Di Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas

Kerjabakti Pasca Bencana di Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas

TONGAS – Jumat, 08 November 2019 Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi melaksanakan kegiatan kerjabakti pasca bencana di Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas. Kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan Pemerintah Desa dan Masyarakat setempat. Selain itu Camat Tongas juga hadir mendukung dalam kegiatan tersebut. Kerjabakti dimulai dengan pembersihan saluran drainase disepanjang sempadan sungai Desa Tambakrejo.

Berdasarkan data rekap kejadian Pusdalops PB beberapa kali terjadi banjir dan peningkatan debit air sehingga berdampak pada ambrolnya plengsengan sungai Desa Tambakrejo yang kemudian air meluap menggenangi rumah warga dan jalan disekitar sungai tersebut. Menurut keterangan masyarakat salah satu titik lokasi kerjabakti hari ini adalah belokan sungai yang plengsengannya tererosi sehingga mengalami longsor akibat peningkatan debit terutama ketika terjadi hujan deras di daerah hulu.

“Memang sudut belokan didaerah ini relatif tajam hampir membentuk sudut 110o sehingga ketika terjadi peningkatan debit sangat mungkin mengerosi plengsengan sungai.” tegas Kepala Desa Tambakrejo.  

Memang seperti yang dilihat selain kondisi morfologi sungai terpantau adanya sampah dan sedimentasi pada titik ini juga menjadi penyebab terjadinya penyempitan badan sungai yang tentu akan berpengaruh juga dengan erosi ketika peningkatan debit. Sehingga upaya normalisasi sungai sangat perlu dilakukan untuk sungai ini.

“Sebelumnya telah dilakukan pembuatan plengsengan darurat dari karung berisi pasir namun karena termakan waktu beberapa mengalami kerusakan.” ujar Kepala Seksi Rehabilitasi. Selain itu sebelumnya telah diajukan upaya rehabilitasi struktural kepada Pemerintah Provinsi sebagai pihak yang berwenang, sembari menunggu upaya tersebut maka kegiatan kerjabakti hari ini selain bertujuan untuk membersihkan saluran drainase juga memperbarui plengsengan ini sebagai bentuk upaya rehabilitasi sementara. Tentu dengan harapan mampu menahan peningkatan debit mengingat awal musim penghujan tidak lama lagi menurut BMKG, imbuhnya.

Kegiatan berlangsung hingga pukul 10.00 WIB, sekitar 10 meter plengsengan darurat sungai telah ditambahkan menggunakan karung berisi pasir. Melalui Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi koordinasi rutin dengan pihak terkait akan selalu dilakukan dengan harapan upaya struktural dapat segera dilaksanakan dan dampak kejadian dapat diminimalisir sedini mungkin. (pb/vd)

 

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo