BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Akhir November Memasuki Awal Musim Penghujan, Waspada Anomali Cuaca disertai Angin Kencang! - Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! - Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

KUNJUNGAN KERJA Ke – BPBD Kabupaten Gunung Kidul, DIY

KUNJUNGAN KERJA  Ke – BPBD Kabupaten Gunung Kidul, DIY

YOGYAKARTA – Kamis – Sabtu, 02 – 04 Agustus 2018 BPBD Kabupaten Probolinggo melaksanakan Kunjungan Kerja ke BPBD Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung Kidul terletak di Kompleks Bangsal Sewokoprojo, Kabupaten Gunungkidul Kode Pos. 55812. Kabupaten Gunungkidul sebagai salah satu daerah rawan bencana di Indonesia, dituntut untuk membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Pada tanggal 31 Desember 2011 dibentuklah BPBD Kabupaten Gunungkidul berdasarkan Peraturan Daerah No. 22 Tahun 2011. BNPB dan BPBD dirancang untuk penanggulangan bencana secara menyeluruh yang merupakan perubahan dari pendekatan konvensional yaitu tanggap darurat menuju perspektif baru. Perspektif ini memberi penekanan merata pada semua aspek penanggulangan bencana dan berfokus pada pengurangan resiko. Merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 46/2008, Keputusan Presiden No. 41/2007, dan Peraturan Kepala BNPB dan BPBD:

  1. Kesiapsiagaan
  2. Tanggap Darurat
  3. Rehabilitasi dan Rekonstruksi.

Unit pendukung dalam lembaga tersebut adalah Devisi Logistik dan Pusat Pengendalian Operasi (PUSDALOPS). PUSDALOPS memainkan peran utama sebelum, selama, dan sesudah bencana. Visi BPBD Kabupaten Gunungkidul yakni mewujudkan masyarakat Gunungkidul yang peka, tanggap, dan tangguh menghadapi bencana. Sedangkan misinya yakni penguatan kelembagaan BPBD dan peningkatan Tatakelola Pemerintahan yang Baik (Good Governance) serta peningkatan peran masyarakat dan dunia usaha dalam penanggulangan bencana; dan pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Kabupaten Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan Ibukotanya Wonosari. Luas wilayah Kabupaten Gunungkidul 1.485,36 km2 atau sekitar 46,63 % dari luas wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Wonosari terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta (Ibukota Daerah Istimewa Yogyakarta), dengan jarak ± 39 km. Wilayah Kabupaten Gunungkidul dibagi menjadi 18 Kecamatan dan 144 desa. Karakteristik dan potensi bencana yang berada di Kabupaten Gunungkidul tidak jauh berbeda dengan Kabupaten Probolinggo terutama terkait bencana banjir, tanah longsor, kekeringan, angin kencang, gunung meletus dan kebakaran hutan dan lahan.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai momentum pembelajaran dan sharing sesama BPBD yang dimungkinkan dapat diterapkan di Kabupaten Probolinggo terutama pada kegiatan penanggulangan bencana terutama penerapan pada risiko bencana yang hampir sama salah satunya Risiko Bencana Kekeringan.“ Ujar Ir. Anung Widiarto, MM Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo.

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo