BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • WASPADA CUACA FLUKTUATIF ! "Info Cucaca Probolinggo" http://infocuaca.id/probolinggo . STATUS BROMO WASPADA RADIUS AMAN 1 KM !

LATIHAN BERSAMA UNIT SEARCH AND RESCUE (SAR) PT PAITON OPERATION AND MAINTENANCE INDONESIA (POMI)

LATIHAN BERSAMA  UNIT SEARCH AND RESCUE (SAR)  PT PAITON OPERATION AND MAINTENANCE INDONESIA (POMI)

PROBOLINGGO – Sesuai dengan Undang-undang 24 Tahun 2017 bahwa terdapat 3 pilar pelaksanaan penanggulangan bencana yakni urusan kebencanaan menjadi tanggung jawab Pemerintah, Dunia Usaha dan Masyarakat. Kondisi alam yang saat ini tidak dapat diprediksi dengan pasti dan seringkali ekstrim, berpengaruh dan menjadi latarbelakang potensi terjadinya bencana di beberapa wilayah. Dengan penguatan antar pilar tersebut, sikap kesiapsiagaan meminimalisir dampak bencana dapat diciptakan secara bersama demi memupuk masyarakat yang sigap dan tanggap terutama ketika terdapan pada kondisi yang berpotensi bencana.

Jumat, 17 Maret 2017 Upacara Pembukaan Latihan Bersama Unit SAR (Search and Rescue) yang diadakan oleh PT PAITON OPERATION AND MAINTENANCE INDONESIA (PT POMI) dengan melibatkan Komunitas Pencinta Alam (FATARPA) dari Lembaga Penddikan, BPBD Kabupaten Probolinggo, BPBD Kabupaten Situbondo dan Badan SAR Nasional (BASARNAS) Pos Jember. Kegiatan pelatihan akan dilakukan di sepanjang Bulan Maret hingga April dengan  serangkaian kegiatan pertahanan di lapangan.

Kedisiplinan, Fisik, Mental, Pola Pikir tanggap bencana, SAR, Navigasi Darat dan Laut, Survival, Mountaineering serta First Aid merupakan serangkaian materi akan diberikan kepada peserta latihan. Kegiatan akan dibagi dalam 4 sesion yakni Pra Latihan, Pembukaan, Pelaksanaan Latihan dan Penutupan. Kegiatan Pra Latihan, Pembukaan dan Penutupan akan dilaksanakan di Lingkungan PT POMI sedangkan Kegiatan Pelaksanaan direncanakan akan dilaksanakan di Punggung Gunung Argopuro, Probolinggo.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Probolinggo akan turut serta sebagai peserta dalam pelaksanaan kegiatan. Sedangkan personil BPBD akan berperan menjadi pemateri seperti hal nya BASARNAS. Dengan kegiatan pelatihan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesiapsiagaan pengurangan risiko bencana terutama dampak teradap jumlah korban, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta bertujuan untuk menjalin hubungan mitra yang baik dan sinergi antara Pemerintah, Dunia Usaha dan Masyrakat terutama dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana kususnya dilingkungan Kabupate Probolinggo dan Situbondo Provinsi Jawa Timur.

 

 

 

 

PUSDALOPS PB

BPBD KABUPATEN PROBOLINGGO