BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • WASPADA CUACA FLUKTUATIF ! "Info Cucaca Probolinggo" http://infocuaca.id/probolinggo . STATUS BROMO WASPADA RADIUS AMAN 1 KM !

LONGSOR DI DS. PAKUNIRAN AKIBAT DEBIT AIR SUNGAI PANCARGLAGAS MENINGKAT

LONGSOR DI DS. PAKUNIRAN  AKIBAT DEBIT AIR SUNGAI PANCARGLAGAS MENINGKAT

PROBOLINGGO - Sungai Pancarglagas bagian hulu merupakan daerah pegunungan dan alur sungai yang memiliki banyak kelokan (meander). Sungai Pancarglagas mengalir dari arah selatan ke arah utara menuju Laut Jawa. Sungai Pancarglagas di hulunya mempunyai alur-alur termasuk anak sungai tipe cabang pohon. Tata guna lahan untuk DAS Pancarglagas adalah permukiman (13,984 km2), pertanian (84.500 km2), ladang (23.200 km2) dan hutan (85.800 km2). Sungai Pancarglagas kondisinya cukup curam sehingga aliran airnya mampu membawa material batuan dan tebangan kayu dari hulu. Kondisi tersebut yang terus menerus terjadi akan mengakibatkan banyaknya sedimen batuan dan tumpukan kayu pada bagian-bagian tertentu sungai, terutama pada bangunan dam. Akibatnya, Sungai Pancarglagas memiliki potensi yang merusak karena banyaknya tumpukan material yang dibawa aliran air menyumbat aliran sungai, sehingga air yang tertahan dapat menjebol tanggul dan menyebabkan banjir.

Hujan lebat yang mengguyur di Hulu sungai pada 23 Januari 2017 sejak siang hingga sore hari menjadikan debit sungai pancarglagas meningkat. Berdasarkan laporan dari warga beruntung naiknya debit tidak menyebabkan banjir Karena berdasarkan catatan beberapa tahun terakhir sungai pancarglagas menyebabkan banjir hingga berpotensi banjir bandang. Namun peningkatan debit kali ini menyebabkan terjadinya Longsor pada koordinat -7.809178,113.507622. Curah hujan yang tinggi dengan intensitas sedang - lebat yang terjadi sekitar pukul 14.00 WIB s/d 16.00 WIB sehingga Debit Sungai Pancarglagas di Desa Pakuniran, Kecamatan Pakuniran naik mengakibatkan Rumah/Dapur milik warga terkikis sepanjang 5x3 meter.

Tidak ada korban dalam kejadian tersebut hanya berdampak pada kerugian material. Tim Reaksi Cepat (TRC) PB melakukan identifikasi lokasi kejadian. Selanjutnya berkoordinasi dengan Koramil, Polsek, Tagana dan Kepala desa setempat. Musim penghujan masih belum usai dihimbau bagi masyarakat terutama di Kabupaten Probolinggo untuk tetap waspada dan berhati hati, segera melapor ke posko bencana apabila terpantau kondisi yang berpotensi bencana. 

 

 

 

 

PUSDALOPS PB

BPBD KABUPATEN PROBOLINGGO