BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah. Cuaca Fluktuatif Selalu Waspada dan Berhati Hati. Kenali BAHAYAnya Kurangi RISIKOnya - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana #KitaJagaALAMJagaKita

Maret 2019, Terpantau Tujuh Kejadian Di Kabupaten Probolinggo

Maret 2019, Terpantau Tujuh Kejadian di Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO – Berdasarkan hasil rekapitulasi Pusdalops PB tercatat terdapat 7 kejadian pada Bulan Maret 2019. Diantaranya 4 kejadian angin kencang dan 3 kejadian tanah longsor. Kejadian angin kencang tersebar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Tongas yang berdampak pada 2 desa yakni Desa Curahtulis dan Tambakrejo, Kecamatan Wonomerto Desa Kedungrejoso, Kecamatan Paiton Desa Petunjungan serta Kecamatan Kotaanyar Desa Kedungrejoso. Sedangkan kejadian tanah longsor tersebar di Kecamatan Lumbang Desa Sapih, Kecamatan Sumber Desa Wonokerso dan Kecamatan Sukapura Desa Wonokerto.

Memang berdasarkan informasi prakiraan cuaca BMKG pada Bulan Maret masih termasuk dalam musim penghujan. Meski beberapa daerah hingga saat ini memiliki hari tanpa hujan yang cukup panjang, namun di Probolinggo masih terjadi hujan terutama pada daerah daerah yang memiliki iklim mikro lebih dingin. Diantara 7 kejadian tidak terdapat korban, namun beberapa rumah warga dan fasilitas umum mengalami kerusakan.

Diantara ketujuh kejadian tersebut TRC PB telah melaksanakan assessment, beberapa yang membutuhkan bantuan darurat seperti terpal telah didistribusikan pada daerah terdampak. Sedangkan dampak tanah longsor BPBD akan melaksanakan koordinasi bersama OPD terkait seperti DLH dan PUPR maupun PU Perkim untuk menentukan upaya tindak lanjut baik terkait upaya penghijauan pada daerah berlereng terjal maupun perbaikan plengsengan jalan yang terdampak longsor serta terkait drainase pada daerah daerah terjal yang belum terdapat drainase dengan baik.

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo