BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Angin Kencang Dampak Musim Pancaroba Menuju Awal Musim Penghujan - Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan!

Mulai Kesiapsiagaan Melalui Sinergisitas Tanpa Batas

Mulai Kesiapsiagaan melalui Sinergisitas Tanpa Batas

PROBOLINGGO – Masyarakat kini harus mulai sadar bahwa Kita hidup di negara yang dikelilingi oleh cincin api dan memiliki risiko tinggi terjadi bencana. Terdapat 10 ancaman bencana (IRBI, 2015) di Indonesia, dan sembilan diantaranya berpotensi terjadi di Probolinggo seperti Banjir, Banjir Bandang, Tanah Longsor, Gempa Bumi, Kekeringan, Kebakaran Hutan dan Lahan, Gelombang Tinggi dan Abrasi, serta Cuaca Ekstrem dan Puting Beliung. Berdasarkan hal itu menjadi penting menerapkan budaya sadar bencana di masyarakat dalam kehidupan sehari hari.

Seperti yang diketahui bersama bahwa bencana bukan hanya menjadi urusan pemerintah saja namun menjadi urusan berbagai pihak mulai dari pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, organisasi/ lembaga maupun media. Karena paradigma penanggulangan bencana yang terdahulu bertitik berat pada penangan darurat kini mulai berganti dengan peningkatan upaya upaya preventif. Melalui upaya preventif diharapkan penerapan budaya sadar bencana dapat menjadi upaya mitigasi bencana sehingga mampu meminimalisir dampak bencana.

Dalam mewujudkannya tentu diperlukan berbagai upaya yang di dukung oleh sinergisitas antar berbagai pihak sehingga penyelenggaraan penanggulangan bencana dapat dilaksanakan secara optimal. Seperti yang Kita jalani pada masa ini, sering Kita dengar bahwa Sinergisitas dan Koordinasi merupakan satu kata yang mudah untuk diucapkan namun sulit dijalani. Meski diketahui bahwa sinergisitas adalah upaya yang dapat berperan penting dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Sinergisitaspun dapat dibentuk melalui berbagai kegiatan bahkan yang sederhana sekalipun.

Seperti yang telah dilakukan oleh #SahabatTangguh dari Brigade Penolong/ BP 13 13 Kwartir Cabang (Kwarcab) Probolinggo, pada Hari Selasa, 03 September 2019 dalam rangka Apel Besar Hari Pramuka ke 58 yang dilaksanakan di Lapangan Sukapura. BP 13 13 melakukan atraksi senam perahu dengan memanfaatkan perahu lipat portabote alfa series milik BPBD Kabupaten Probolinggo. Selama melaksanakan latihan dilakukan bersama dengan beberapa personil TRC PB. Memang hanya berlatih bersama dan saling berpartisipasi dalam kegiatan masing masing, namun justru melalui kegiatan kegiatan sederhana seperti ini mampu menjadi sebuah ruang yang dapat meningkatkan kedekatan dan sinergisitas multipihak.

Tidak hanya berlatih untuk atraksi, melalui moment seperti ini anggota BP 13 13 juga dapat mempelajari dan mengenal bagaimana cara pengoperasian serta penggunaan portabote alfa series. Karena seperti yang diketahui bersama, dalam melaksanakan tugas BP 13 13 tidak terlepas dengan penanggulangan bencana. Kemudian melalui kegiatan kegiatan seperti ini dapat sekaligus menjadi upaya kesiapsiagaan bagi BPBD terutama terkait kesiagaan peralatan (portaboe alfa series) dan personil (BP 13 13). Bencana tidak dapat dipresdiksi kapan akan terjadi, namun kesiagaan dan pencegahan dapat dilakukan sejak dini sehingga dampak kejadian bencana dapat di minimalisir. Salam Tangguh Bencana! (vd/pb)    

 

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo