BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah. Waspada Angin Kencang di Awal Musim Kemarau, Gunakan Air Secukupnya. Kenali BAHAYAnya Kurangi RISIKOnya - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana #KitaJagaALAMJagaKita

Pasang Rambu Peringatan Dan Petunjuk Jalur Evakuasi

Pasang Rambu Peringatan Dan Petunjuk Jalur Evakuasi

TIRIS – Sebagai salah satu upaya pengurangan resiko bencana pasca bencana longsor di Desa Andungbiru Kecamatan Tiris, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo memasang rambu-rambu peringatan dan petunjuk jalur evakuasi bagi masyarakat Dusun Lawang Kedaton Desa Andungbiru Kecamatan Tiris, Kamis (28/2/2019) siang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan pemasangan rambu-rambu tersebut dimaksudkan sebagai upaya untuk antisipasi jika terjadi bencana longsor. Mengingat kondisi di beberapa tempat di dusun tersebut masih rawan terjadi longsor karena curamnya kemiringan lahan di tepi-tepi jalan kabupaten dan pemukiman.

“Pemasangan rambu bencana di Desa Andungbiru Kecamatan Tiris ini merupakan upaya mitigasi struktural dalam upaya kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana guna Pengurangan Resiko Bencana (PRB),” katanya.

Menurut Anggit, di Desa Andungbiru Kecamatan Tiris akan dipasang 50 unit rambu bencana yang terdiri dari 4 (empat) item. Diantaranya tempat pengungsian, rambu penunjuk arah tempat pengungsian, rambu jalur evakuasi dan titik kumpul.

“Selanjutnya akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat di Desa Andungbiru Kecamatan Tiris terkait rambu yang terpasang sekaligus akan dilaksanakan pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana),” pungkasnya. (wan)

Sumber : https://probolinggokab.go.id/new/bpbd-pasang-rambu-peringatan-dan-petunjuk-jalur-evakuasi/