BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

Pohon Tumbang Di Jalur Pantura, Desa Banjarsari Tongas

Pohon Tumbang di Jalur Pantura, Desa Banjarsari Tongas

PROBOLINGGO – Senin, 10 Oktober 2016 pukul 01.00 WIB dini hari terdapat Pohon Tumbang di Jalur Pantura Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Sumber informasi berasal dari Bapak Kapolsek  Kecamatan Tongas. Saat itu kondisi cuaca sedang hujan deras, diduga terjadinya Pohon Tumbang adalah akibat hujan deras yang disertai angin kencang. Kondisi tanah yang mulai tidak sempurna akibat proses pengikisan atau abrasi yang disebabkan oleh aliran air hujan di permukaan serta di dukung dengan kecepatan angin yang signifikan serta usia pohon yang tak lagi muda tentu berdampak pada terjadinya pohon tumbang. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Kejadian yang terjadi ketika dini hari dengan tingkat lalu lintas yang rendah tentu keberadaan Pohon Tumbang tidak berdampak pada kondisi lalu lintas Jalur Pantura, Upaya yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Probolinggo yakni TRC (Tim Reaksi Cepat) PB mendatangi lokasi dan berkoordinasi dengan aparat sekitar. Kemudian membersihkan pohon yang tumbang dari sisi jalan raya agar tidak mengganggu aktivitas lalu lintas di esok hari. Pembersihan pohon tumbang dilakukan secara bersama oleh TRC dengan aparat sekitar sehingga dengan waktu yang tidak terlalu lama pohon tumbang dapat dibersihkan dengan segera.

Belakangan kondisi cuaca tidak menentu, mengingat pada Bulan Oktober ini merupakan awal musim penghujan. Walaupun sebaran terjadinya hujan masih belum merata diseluruh wilayah, namun beberapa wilayah termasuk Kabupaten Probolinggo mulai disambut hujan pada bulan ini. Kondisi yang berdampak pada kejadian bencana ataupun kecelakaan lalu lintas akibat faktor fisik (cuaca) merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipresiksi. Tentu menjadi sangat penting untuk tetap berhati-hati dan waspada bagi pengendara/masyarakat ketika melalui jalan ataupun beraktivitas pada kondisi cuaca buruk. (vd/pb)

 

 

 

Pusdalops 

BPBD Kabupaten Probolinggo