BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • WASPADA CUACA FLUKTUATIF ! "Info Cucaca Probolinggo" http://infocuaca.id/probolinggo . STATUS BROMO WASPADA RADIUS AMAN 1 KM !

PRAKIRAAN CUACA BULAN DESEMBER 2016

PRAKIRAAN CUACA BULAN DESEMBER 2016

PROBOLINGGO – Berdasarkan informasi Prakiraan Curah Hujan Kabupaten Probolinggo dari BMKG, Bulan Desember 2016 masih berada pada musim penghujan bahkan diprakirakan akan berlanjut hingga April 2017. Beberapa daerah memiliki intensitas curah hujan yang berbeda, hal ini dipengaruhi oleh faktor klimatologis dan arah angin. Berikut rincian curah hujan di beberapa Wilayah Kabupaten Probolinggo:

  1. 151 – 200 mm     meliputi Kecamatan Sukapura, Lumbang, Sumber, Kuripan, Wonomerto, Bantaran, Leces, Tegalsiwalan, Banyuanyar, Gending, Dringu, Maron, Pajarakan, Besuk, Kraksaan
  2. 201 – 300 mm     meliputi Kecamatan Sumberasih, Tongas
  3. 301 – 400 mm     meliputi Kecamatan Pakuniran, Kotaanyar, Paiton, Maron, Sukapura
  4. 401 – 500 mm     meliputi Kecamatan Krucil, Gading, Tiris
  5. >500 mm meliputi Kecamatan Tiris

Waspadai beberapa daerah dengan jumlah curah hujan tinggi hingga sangat tinggi (301 – 500 mm), di Kabupaten Probolinggo bagian tenggara sedangkan di bagian tengah curah hujan berintensitas menengah 151 – 200 mm dan dibagian barat laut diprakirakan berintensitas 101 - 105 mm. Saat ini kondisi anomali cuaca sangat berfluktuatif dipengaruhi oleh kondisi iklim yang tidak menentu. Bahkan beberapa kali berpotensi terjadi cuaca ekstrim di sebaran wilayah Jawa Timur termasuk Probolinggo. Waspadai adanya peningkatan suhu maksimum hingga 37 °C. Suhu udara yang tinggi dan kelembaban udara yang rendah dapat memicu adanya kebakaran hutan dan lahan.

Sejauh ini terpantau di Probolinggo pada Bulan November beberapa titik mengalami longsor serta beberapa kali terdapat peristiwa angin kencang yang berdampak pada kerusakan permukiman masyarakat. Walaupun dampak yang ditimbulkan angin kencang terbilang ringan namun perlu adanya sikap tanggap dalam memahami fluktuasi kondisi iklim yang berfluktuatif saat ini. Waspadai pula gerakan tanah yang dapat terjadi secara tiba-tiba terutama ketika terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Kejadian tersebut tidak dapat dihindari namun dapat diminimalisir dampaknya. Rekomendasi yang dapat diberikan sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi musim penghujan adalah memahami kondisi lingkungan dan iklim, kenali bahayanya kurangi risikonya. Berbagai upaya sederhana dapat dilakukan seperti  perhatikan vegetasi yang berada dilingkungan sekitar rumah, manfaatkan tanaman berakar serabut untuk meminimalisir sedimentasi akibat gerakan tanah. Tetap waspada hubungi BPBD ketika terpantau kondisi berpotensi bencana. (pb/vd)

 

 

- PUSDALOPS PB -