BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

PROSIGAB (Probolinggo Siaga Bencana) Aplikasi Informasi Bencana Berbasis Android

PROSIGAB (Probolinggo Siaga Bencana) Aplikasi Informasi Bencana Berbasis Android

PROBOLINGGO – Sebelumnya BPBD Kabupaten Probolinggo bekerjasama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dalam pembuatan SIMONRAIN (Sistem Informasi Monitoring Hujan) berbasis Website di Kabupaten Probolinggo. Kali ini BPBD mengembangkan SIMONRAIN menjadi Aplikasi berbasis Android (PROSIGAB).

“Aplikasi dikembangkan menggunakan android agar menjadi lebih mudah dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Probolinggo terutama untuk mengetahui beberapa informasi terkait cuaca maupun curah hujan di Kabupaten Probolinggo.” Ujar Kasi Pencegahan BPBD

Melalui Simonrain data radar hujan selanjutnya diolah dan ditampilkan secara otomatis setiap sepuluh menit dengan skala desa di Kabupaten Probolinggo. Informasi yang ditampilkan PROSIGAB meliputi:

  1. Jumlah desa terdampak hujan (ringan, sedang, deras dan sangat deras) terkini
  2. Daerah Waspada yaitu jika curah hujan selama satu jam antara 15 – 20 mm
  3. Daerah Siaga yaitu jika curah hujan selama satu jam diatas 20 mm
  4. Peringatan Dini BPBD Probolinggo yaitu jika terjadi penambahan 8 % jumlah desa terdampak hujan sedang
  5. Peringatan Dini Jatim (BMKG)
  6. Press Release yaitu menampilkan informasi cuaca ataupun berita dari BPBD Probolinggo
  7. Prakiraan Cuaca Kabupaten Probolinggo
  8. Curah Hujan yaitu menampilkan data terakhir curah hujan setiap sepuluh menit, satu jam, satu hari dan satu bulan
  9. Grafik Cuaca yaitu menampilkan grafik jumlah desa terdampak hujan (ringan, sedang, deras dan sangat deras)
  10. Citra Radar Kabupaten Probolinggo
  11. Informasi Gempa
  12. Citra Radar Jawa Timur berbasis GooglemapS
  13. Notifikasi PopUp untuk peringatan dini desa waspada dan siaga

Masyarakat pengguna Android akan cukup mudah mengoperasikan PROSIGAB yakni hanya perlu mendownload aplikasi melalui PLAYSTORE. Melalui menu laman utama ini, pengguna dapat mengetahui kondisi cuaca aktual setiap desa di Kabupaten Probolinggo. Di bagian Jumlah Desa Terdampak Terkini, pengguna dapat mengetahui nama desa terdampak hujan dengan mengklik masing-masing kategori hujan (ringan, sedang, deras dan sangat deras). Prosentase jumlah desa dan penambahan atau pengurangan jumlah desa juga ditampilkan. Khusus untuk penambahan atau pengurangan maka pengguna dapat memprediksikan durasi lamanya hujan di Kabupaten Probolinggo secara umum.

Selain halaman yang menampilkan kondisi cuaca terdapat pula Laman Peringatan Dini yang menampilkan keterangan WARNING / NO WARNING. WARNING jika ada penambahan desa terdampak hujan sebesar 8 %, selain itu NO WARNING. Keterangan WARNING merupakan sebuah langkah antisipasi bagi masyarakat Probolinggo akan hujan yang berpotensi menimbulkan bencana sesaat seperti angin putting beliung dan pohon tumbang. Sehingga agar lebih waspada dalam menghadapi bencana sesaat tersebut. Selain itu menampilkan update peringatan dini Jawa Timur dari BMKG Juanda. Laman ini bertujuan mendiseminasikan informasi cuaca ekstrim dari BMKG Juanda ke masyarakat Jawa Timur. Lewat laman ini diharapkan masyarakat probolinggo lebih waspada, karena peringatan dini ini di sebarkan satu jam sebelum kejadian hujan ringan hingga deras terjadi.

Kemudian terdapat menu Pers Release yang menampilkan berita dan informasi aktual untuk pengguna. Informasi yang ditampilkan beragam mulai dari prakiraan hujan bulan depan, berita kegiatan BPBD Probolinggo dan lain sebagainya.

Halaman Prakiraan Cuaca menampilakn informasi prakiraan cuaca Kabupaten Probolinggo mulai Pagi, Siang, Malam dan Dini Hari. Prakiraan hujan, angin, kelembaban dan suhu ditampilkan secara aktual dan mudah dipahami bersumber dari BMKG. Lamain ini menampilkan informasi data terakhir citra radar, data curah hujan persepuluhmenit, data curah hujan tiap jam, data curah hujan tiap hari dan tiap bulan. Pengguna dapat mengetahui sebaran hujan lewat koordinat titik-titik desa terdampak hujan terkini. Dengan mengeser kursor smartphone maka pengguna dapat megetahui informasi hujan terakhir dalam kategori waktu. (pb)

 

 

PUSDALOPS PB

BPBD Kabupaten Probolinggo