BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

RAPAT KOORDINASI DAN SINKRONISASI MENGANTISIPASI DAMPAK BENCANA KEKERINGAN TAHUN 2017

RAPAT KOORDINASI DAN SINKRONISASI MENGANTISIPASI DAMPAK BENCANA KEKERINGAN TAHUN 2017

PROBOLINGGO - Berdasarkan Pers Release dari BMKG bahwa sejak bulan mei, juni dan juli merupakan awal musim kemarau tahun 2017 dan akan berpuncak di bulan juni, juli agustus. Pada Selasa, 23 Mei 2017 BPBD mengadakan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Mengantisipasi Dampak Bencana Kekeringan Tahun 2017 di Kabupaten Probolinggo pukul 09.30 WIB – 11.30 WIB. Kegiatan tersebut diikuti oleh

  1. Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD
  2. Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD
  3. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD
  4. Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD
  5. Kepala Seksi Pencegahan BPBD
  6. Camat Se – Kabupaten Probolinggo
  7. Bappeda Kabupaten Probolinggo
  8. Dinas Lingkungan Hidup
  9. Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang
  10. Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan
  11. Dinas Sosial
  12. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian
  13. Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo
  14. Dinas Perhubungan 
  15. PDAM Probolinggo
  16. Koordinator Tagana
  17. Satpol PP Kabupaten Probolinggo
  18. PMI
  19. ORARI
     

Bencana kekeringan berpotensi terjadi di beberapa wilayah yang memiliki risiko bencana kekeringan yakni sesuai hasil riview pemetaan daerah rawan bencana tahun 2016 terpantau terdapat 13 kecamatan, 33 desa yang memiliki risiko rawan kekeringan.

“Untuk mengetahui faktor penyebab kekeringan disetiap daerah yang berpotensi kekeringan, data tersebut dikaitkan dengan hasil Grand Design Pelayanan Air Minum yang disusun oleh Bidang Pengairan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Probolinggo dan Peta Sebaran Pipa Layanan Air milik PDAM Probolinggo yang kemudian di overlay dengan Peta Risiko Kekeringan di Kabupaten Probolinggo” ujar Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD.

Sejauh ini BPBD telah menyusun rencana upaya struktural dan non struktural dalam mengantisipasi dampak bencana kekeringan di Kabupaten Probolinggo. Dalam kegiatan tersebut selain membahas tentang kondisi kekeringan juga penjelasan tentang angin kencang yang berpotensi terjadi ketika musim kemarau di Kabupaten Probolinggo.

“di Kabupaten Probolinggo memiliki potensi angin kencang yang biasanya terjadi ketika pertengahan musim kemarau, masyarakat biasa menyebut dengan Angin Gending” Ujar Priyo Kasi Pencegahan BPBD

Dengan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan koordinasi dan sinergisitas antar pihak terutama dalam dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana kekeringan di Kabupaten Probolinggo,  Dihimbau untuk daerah yang terdampak kekeringan segera menghubungi dan mengirim surat permohonan distribusi air bersih langsung kepada BPBD, Mengintegrasi kegiatan berbagai pihak sesuai dengan Peraturan Daerah yang mengatur tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana. (pb)

 

 

PUSDALOPS PB

BPBD Kabupaten Probolinggo