BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • WASPADA CUACA FLUKTUATIF ! "Info Cucaca Probolinggo" http://infocuaca.id/probolinggo . STATUS BROMO WASPADA RADIUS AMAN 1 KM !

RAPAT KOORDINASI KESIAPSIAGAAN BENCANA DI MUSIM PENGHUJAN

RAPAT KOORDINASI  KESIAPSIAGAAN BENCANA DI MUSIM PENGHUJAN

PROBOLINGGO – Sesuai dengan pemberitahuan dari BMKG bahwa musim hujan telah bermula sejak Bulan Oktober 2016 dan akan berlanjut hingga April 2017. Sehingga diharapkan baik bagi BPBD maupun SKPD/Pemerintah Daerah terkait untuk waspada dan bersiapsiaga melaksanakan upaya mitigasi bencana di Musim Penghujan. BPBD Kabupaten Probolinggo bersama SKPD dan Pemerintah Desa/Kecamatan melaksanakan Koordinasi Kesiapsiagaan Bencana di Musim Penghujan khususnya di Kabupaten Probolinggo pada hari Senin, 14 November 2016. Rapat Koordinasi dipimpin oleh Sekretaris Daerah yang dalam hal ini diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Probolinggo. Rapat Koordinasi dihadiri oleh Kasat Shabara Polres dan Polresta Probolinggo, Perwira Seksi Operasi Kodim 0820, Bappeda, Dinas PU Pengairan, PU Cipta Karya, Badan Lingkungan Hidup (BLH), Camat Se-Kabupaten Probolinggo, dan Kepala Desa Daerah Rawan Bencana Longsor & Banjir dengan Indeks Risiko Bencana Tinggi (Sariwani, Wonokerto, Wonokerso, Tiris, Pakuniran, Bago, Randutatah, Kalibuntu, Dringu, Tongas Sumberasih).

Beberapa hal telah menjadi pembahasan dalam koordinasi tersebut seperti, aparat terkait Polres/Polresta Probolinggo telah mengupayakan kesiapsiagaan menghadapi bencana di musim penghujan dengan membentuk pasukan pengamanan bencana. Selain itu kesiapan sumber daya personil dan peralatan juga telah disiapkan seperti kendaraan, perahu, tenda, alat komunikasi dst. Kemudian Kodim 0820 Probolinggo telah membuat “Rencana Operasi” Penanggulangan Bencana di Musim Penghujan sebagai salah satu bentuk kesiapsiagaan mitigasi bencana. Upaya BPBD dalam menghadapi musim penghujan diantaranya adalah menyiapkan Rencana Kontingensi Banjir dan Longsor, Personil, Peralatan (Senso, Kendaraan, Alat Komunikasi dst), Menyebarkan Peringatan Dini baik melalui media cetak (rambu-rambu) maupun melalui media komunikasi (sosial media, sms blaster dst).

Telah dilaksanakan pula kegiatan seperti Normalisasi Sungai, Tindakan Konservasi, Pembuatan Plengseng/Tebing Penahan Tanah dst. sesuai bidang masing-masing oleh SKPD terkait (Pengairan, Binamarga, BLH) pada Tahun 2016 di Daerah Rawan Bencana Banjir & Longsor walaupun pemerataan masih belum dapat tercapai dengan optimal karena beberapa titik Rawan Bencana Banjir & Longsor belum tersentuh kegiatan tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut Sinergisitas antar SKPD, Aparat dan Pemerintah Desa/Kecamatan hendaknya mulai ditingkatkan melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh SKPD/Pemerintah Desa/Kecamatan yang disesuaikan dengan Hasil Riview Pemetaan Daerah Rawan Bencana Tahun 2016 di Kabupaten Probolinggo

Seiring Sinergisitas antar berbagai pihak dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana salah satunya dapat diwujudkan dengan bentuk koordinasi melalui media komunikasi seperti radio, telepon dan alat komunikasi yang lain sehingga antar berbagai pihak mampu memberikan informasi terkait kondisi di daerah masing-masin. Selanjutnya menindaklanjuti kegiatan pertolongan, pencarian dan evakuasi korban di dalam penanggulangan bencana perlu dilaksanakan pengkajian untuk membentuk SAR (Search and Rescue) Gabungan antar SKPD, Aparat dan Pemerintah Desa/Kecamatan sehingga dalam upaya penanggulangan bencana dapat dilaksanakan secara optimal. Kegiatan koordinasi tersebut semoga mampu menjadi wadah dan arahan bagi SKPD dan Pemerintah terkait untuk membentuk sinergisitas kegiatan sehingga tidak terjadi overlapping kegiatan yang disintegrasi. (vd/pb)

 

 

 

PUSDALOPS PB

BPBD KABUPATEN PROBOLINGGO