BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Akhir November Memasuki Awal Musim Penghujan, Waspada Anomali Cuaca disertai Angin Kencang! - Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! - Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

RSUD Waluyo Jati Simulasikan Kebakaran Gedung

RSUD Waluyo Jati Simulasikan Kebakaran Gedung

PROBOLINGGO – Kamis, 20 September 2018 RSUD Waluyo Jati Kraksaan melaksanakan Simulasi Kebakaran sebagai salah satu pendukung akreditasi Rumah Sakit. Kegiatan simulasi dilaksanakan dengan melibatkan instansi terkait yakni TNI, POLRI, BPBD, Pemadam Kebakaran dan PMI tentu dengan partisipasi pelaku rumah sakit seperti IPS-RS, Petugas Keamanan, Perawat serta Dokter yang bertugas ketika terjadi kebakaran.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan briefing pagi dan pengarahan oleh pimpinan rumah sakit terkait tugas dan peran masing masing pelaku ketika terjadi kebakaran. Selain arahan dari pimpinan sebelum simulasi dimulai Pemadam Kebakaran memberikan sekilas materi terkait kebakaran dan apa yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan briefing terkait penyelamatan dan proses evakuasi oleh BPBD, pada dasarnya ketika terjadi kebakaran maupun kejadian bencana seperti gempa dll proses evakuasi dan penyelamatan hampir sama namun berbeda perlakuan.

Sekitar pukul 11.00 WIB kegiatan simulasi dimulai dengan ditemukannya (Code Red) asap di ruang pertemuan melati, kemudian IPS-RS bertugas menonaktifkan panel listrik, Tim merah menuju titik api dan memadamkan api menggunakan APAR. Bagian keamanan segera menghubungi aparat untuk mengkondisikan keamanan disekitar rumah sakit. Disaat bersamaan Tim Biru mengevakuasi pasien rumah sakit menuju titik yang lebih aman. Tim Putih melaksanakan pengamanan dokumen dan Tim Kuning melaksanakan pengamanan peralatan medis rumah sakit.

Ketika Tim Biru melaksanakan evakuasi ditemukan (Code Blue) dan Tim Emergency melaksanakan tugas untuk memberikan pertolongan pertama. Tim merah tidak mampu memadamkan api menggunakan APAR kemudian Tim merah memadamkan api menggunakan hidran sembari berkoordinasi dengan pimpinan. Api yang tak kunjung padam juga menggunakan hidran alhasil Tim Merah menghubungi keamanan untuk meminta bantuan kepada Pemadam Kebakaran.

Selanjutnya Pemadam Kebakaran bertugas melanjutkan proses pemadaman. Kemudian Tim Merah, Biru, Kuning dan Putih melaksanakan tugas sesuai peran masing masing menuju titik kumpul serta Tim Emergency menyerahkan pasien (Code Blue) ke ruang ICU. Setelah berada pada tempat yang aman pada titik kumpul masing masing tim termasuk Pemadam Kebakaran memberikan laporan kepada pimpinan rumah sakit. Setelah kondisi dinyatakan aman pimpinan memberikan instruksi kepada yang bertugas untuk kembali kepada ruang perawatan.

“ Simulasi ini dilaksanakan bukan hanya sebagai pelengkap dan pendukung dalam kegiatan akreditasi saja, namun diharapkan bagi seluruh pihak baik IPS-RS, Tim Merah, Tim Biru, Tim Kuning, Tim Putih dan Petugas Keamanan flash back, memahami tugas dan peran masing masing ketika terjadi kebakaran maupun kejadian bencana.” Ujar Dr Adi, Kasi Pelayanan Medik RSUD Waluyo Jati sebelum menutup kegiatan simulasi.

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo