BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

SAMBUT MUSIM PENGHUJAN, TIRIS LONGSOR

SAMBUT MUSIM PENGHUJAN, TIRIS LONGSOR

PROBOLINGGO – Sesuai dengan Prakiraan kondisi cuaca pada bulan Oktober 2016 di Probolinggo, Jawa Timur terpantau musim hujan tahun 2016/2017 diprakirakan maju dari normalnya. Pada bulan Oktober 2016 sebagian besar wilayah di Jawa Timur termasuk Probolinggo diprakirakan mulai memasuki musim hujan tahun 2016/2017. Pada saat masa transisi atau masa peralihan diharapkan waspada adanya hujan lebat yang disertai angin kencang sesaat yang bersifat merusak dengan kecepatan dapat mencapai >45 km/jam. Waspadai daerah dengan jumlah curah hujan tinggi hingga sangat tinggi (301 – 500 mm), yaitu: Pacitan, Trenggalek, Blitar bagian utara. Probolinggo bagian selatan, Lumajang bagian tengah, utara dan barat, Jember bagian timur dan Banyuwangi bagian barat.

Tiris merupakan salah satu kecamatan di Probolinggo bagian selatan, pada tanggal 23 Oktober 2016 telah terjadi tanah longsor sejumlah dua titik di Kecamatan Tiris yang disebabkan oleh tingginya intensitas hujan. Sekitar pukul 14.00 WIB hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Tiris Probolinggo menyebabkan terjadinya longsor di perbatasan Desa Segaran & Jangkang serta di Desa Tiris Kecamatan Tiris. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut, hanya berdampak pada tertutupnya sebagian ruas jalan yang sekaligus merupakan jalan utama di desa tersebut. Tindakan primer yang dapat dilakukan hanya membersihkan material untuk sementara waktu, tentu tidak lepas dari koordinasi pihak terkait, masyarakat dan BPBD Kabupaten Probolinggo.

Selang satu hari setelah kejadian tersebut upaya lanjutan yang dilakukan BPBD Kabupaten Probolinggo bersama masyarakat sekitar adalah memasang yellowline  sebagai pembatas agar masyarakat lebih berhati hati ketika melalui ruas jalan tersebut serta tidak melakukan aktivitas disekitarnya ditakutkan akan terjadi longsor susulan. Sebagai upaya berkepanjangan BPBD Kabupaten Probolinggo akan berkoordinasi dengan pemerintah desa terkait pembuatan plengsengan di area tersebut. Bagi masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan berhati-hati serta menjaga kondisi terkait menghadapi awal musim penghujan. (pb/vd)

 

 

 

Pusdalops PB,

BPBD Kabupaten Probolinggo