BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Krisis Air Bersih Dampak Musim Kemarau Panjang, Gunakan Air Seperlunya! Salam Tangguh Salam Kemanusiaan!

Sampaikan Materi Kebencanaan Di RSUD Tongas, Siapkan Kesiagaan Ketika Keadaan Darurat Bencana

Sampaikan Materi Kebencanaan di RSUD Tongas, Siapkan Kesiagaan Ketika Keadaan Darurat Bencana

PROBOLINGGO - Bencana datang tidak pernah mengetuk pintu (Mayor Jenderal TNI Prof. Dr. Syamsul Maarif, S.Io., M.H.) Kita juga tidak pernah bisa menghindarinya namun Kita bisa meminimalisir dampak dari bencana melalui kegiatan latihan dan simulasi tanggap darurat ketika terjadi bencana. Meningkatnya intensitas kejadian bencana yang belakangan terjadi menjadi latar belakang berbagai elemen masyarakat kini mulai menggalakkan upaya upaya mitigasi bencana. Meski belum keseluruhan masyarakat mengenali betul potensi bencana disekitar tempat tinggalnya, namun bukan berarti Budaya Sadar Bencana tidak perlu diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Hari ini Rabu, 02 Oktober 2019 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tongas Kabupaten Pronolinggo melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Tanggap Darurat Bencana. Kali ini kegiatan difokuskan pada materi evakuasi ketika terjadi bencana di Rumah Sakit dan Kebakaran. Unsur OPD terkait yakni BPBD dan Pemadam Kebakaran dilibatkan sebagai narasumber. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 40 peserta yang berasal dari berbagai unsur di rumah sakit. Kegiatan seperti ini bukan yang pertama kalinya, pada tahun lalu kegiatan yang sama juga dilakukan sebagai bentuk peningkatan kapasitas unsur RS terutama dalam menghadapi situasi darurat.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan materi evakuasi saat terjadi keadaan darurat yang disampaikan oleh Sdr. Aries Setyawan dari Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD. Kemudian dilanjutkan dengan materi tentang Kebakaran yang disampaikan oleh Pemadam Kebakaran Kabupaten Probolinggo. Selanjutnya baru dilaksanakan simulasi sederhana apabila terjadi Gempa Bumi dan Kebakaran secara bersamaan.

Menurut salah seorang Dokter di RS tersebut kegiatan seperti ini sangat bagus dilaksanakan apalagi dengan melibatkan pihak yang berwenang, peserta akan memahami potensi bencana disekitar lingkungan kerja dan akan belajar memahami peranan apa yang harus dilakukan ketika terjadi situasi darurat. “apalagi apabila sering dilakukan bersama simulasi, kesiagaan ketika terjadi situasi darurat akan menjadi budaya yang melekat dengan harapan ketika terjadi situasi darurat dapat segera mengambil sikap dan peranan sebagaimana mestinya” imbuhnya. (vd/pb)

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo