BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Akhir November Memasuki Awal Musim Penghujan, Waspada Anomali Cuaca disertai Angin Kencang! - Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! - Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah, Segera Menjauh Apabila Terpantau Peningkatan Aktivitas Gunung Api! - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

Satu Rumah Roboh Terdampak Angin Kencang Ketika Hujan Lebat

Satu Rumah Roboh Terdampak Angin Kencang Ketika Hujan Lebat

PROBOLINGGO – Belum lama yakni tepatnya pada 16 November 2018 terjadi peristiwa angin kencang yang berdampak pada 168 rumah warga mengalami kerusakan akibat hujan lebat disertai angina kencang. Kembali infomasi masuk kepada Pusdalops PB yakni pada Kamis, 29 November 2018 berdasarkan informasi dari Relawan Tagana Kabupaten Probolinggo telah terjadi rumah roboh di Dusun Karang Anyar RT. 004 RW. 002 Desa Matekan Kecamatan Besuk. Menurut informasi pada pukul 17.00 telah terjadi hujan lebat di Dusun Karang Anyar Kecamatan Besuk yang menyebabkan 1 rumah roboh. Milik Bapak Hosin dikarenakan tidak kuat menompang genteng yang basah dan berat.

Keadaan rumah mengalami kerusakan berat, roboh total berdasarkan keterangan pemilik rumah diduga karena tingginya intensitas hujan yang lebat disertai angina kencang. Kerusakan diperkirakan kurang lebih hingga 40 juta. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Pusdalops PB melakukan koordinasi dengan Relawan TAGANA dan memantau perkembangan berikutnya. Masyarakat sekitar bergotong royong membantu membersihkan dampak kerusakan bangunan.

“Saat ini kita sedang memasuki peralihan musim yakni dari musim kemarau hingga penghujan, dimana kondisi cuaca bisa saja fluktuatif dan ekstrem pada kondisi tertentu seperti tiba tiba terjadi hujan lebat disertai angina kencang. Menghimbau kembali kepada masyarakat untuk selalu waspada dan memberika informasi kepada BPBD apabila terpantau kondisi berpotensi bencana,” Ujar Teguh Kawiandoko Kepala Bidang BPBD Kabupaten Probolinggo.

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo