BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

Simulasi Bencana Bersama WASKITA Section 1 Dan 3 Jalan Tol Paspro (Pasuruan – Probolinggo)

Simulasi Bencana Bersama WASKITA Section 1 dan 3 Jalan Tol Paspro (Pasuruan – Probolinggo)

PROBOLINGGO – Pendidikan dan Pelatihan terkait Penanggulangan Bencana kini mulai gencar dilaksanakan dimanapun baik di lingkungan pemerintah, dunia usaha bahkan masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan mengingat belakangan bencana sering terjadi bencana baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun oleh manusia. Di musim penghujan sering terjadi banjir, longsor, ROB dan angin kencang, di musim kemarau pun tidak sedikit desa yang mengalami kekeringan krisis air bersih.

Berdasarkan pilar penanggulangan bencana, bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun juga masyarakat dan dunia usaha. Paradigma tentang penanggulangan bencana juga telah berubah tak hanya mengedepankan penanggulangan ketika terjadi bencana namun meningkatkan serta melibatkan pola pikir sadar bencana dalam kehidupan masyarakat justru lebih penting. Menurut penelitian di Jepang Great Hansin Earthquake 1995, hampir 35 % korban selamat karena diselamatkan oleh Diri sendiri.

Kegiatan Simulasi Bencana dilaksanakan Bersama WASKITA Jalan Tol Pasuruan Probolinggo pada 2 titik yakni pada Hari Rabu, 20 September 2017 dilaksanakan di Section 3 (Kecamatan Leces) dan pada Hari Sabtu, 23 September 2017 dilaksanakan di Section 1 (Kecamatan Tongas). Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 35 orang. Simulasi Gempa Bumi dan Kebakaran dilaksanakan di lokasi Section 3 (Kecamatan Leces) mengingat lokasi rawan terjadi Gempa dan Kebakaran. Sedangkan Simulasi Banjir dilaksanakan di Lokasi Section 1 (Kecamatan Tongas) karena lokasi tersebut rawan terjadi banjir.

“Ini simulasi bencana kedua yang dilaksanakan bersama dunia usaha setelah sebelumnya bersama rumah sakit umum, kegiatan ini membantu tugas BPBD untuk menularkan pola pikir dan budaya akan pentingnya sadar bencana. Dengan kegiatan ini diharapkan kedepan semakin banyak pihak yang mulai membuka pola pikir dan menanamkan kehidupan sadar bencana” Ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan tersebut dimulai dengan pemaparan sekilas terkait pengetahuan bencana dan kondisi kebencanaan di Kabupaten Probolinggo, selanjutnya dilanjutkan dengan simulasi bencana dengan pembagian kelompok dan peran. Kegiatan terlaksana dengan lancar walaupun terdapat beberapa hal yang perlu di evaluasi mengingat peserta baru pertama kali melaksanakan simulasi bencana. Peserta cukup antusias dan bersemangat ketika pelatihan. Selama kegiatan berlangsung didampingi oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Teguh Kawiandoko,M.Si dan Supervisor Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) PB BPBD Kabupaten Probolinggo, Aries Setyawan.

 

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo