BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

Sumberanom, Kecamatan Sumber Peserta Lomba Destana Tingkat Madya Provinsi Jawa Timur

Sumberanom, Kecamatan Sumber  Peserta Lomba Destana Tingkat Madya Provinsi Jawa Timur

Rabu (22 Agustus 2017) – Sumberanom merupakan salah satu desa di Kecamatan Sumber dengan ketinggian ± 1.830 mdpl. Desa ini berada di sebelah timur Gunung Bromo dan hanya berjarak 10 Kilometer. Bagi warga yang tinggal di sekitarnya, keberadaan gunung itu merupakan berkah sekaligus musibah. Berkah karena banyak warga menggantungkan hidup darinya, dan musibah karena potensi bencana yang ditimbulkannya. Warga rupanya sadar betul atas resiko pilihan hidupnya. Desa Sumberanom termasuk dalam Daerah Risiko Letusan Gunung Api Radius II (Risiko Sedang/ KRB 2) dalam Peta Daerah Rawan Bencana

Selain itu kondisi morfologi Desa Sumberanom yang merupakan dataran tinggi bergelombang menjadikan desa ini termasuk dalam Daerah Risiko Bencana Longsor Tinggi (KRB I). Hampir di setiap musim penghujan terjadi Longsor di Desa Sumberanom, misalnya pada awal tahun 2017 sekitar akhir bulan Januari terjadi longsor di Curah Kendil yang menutup total akses jalan satu satunya masyarakat Desa Sumberanom dengan desa disekitarnya sehingga aktivitas masyarakat terhambat.

Kepala Desa Sumberanom, Priyanto mengungkapkan “Desa Sumberanom di tunjuk Desa Tangguh Bencana yang mewakili Kabupaten Probolinggo tingkat Madya Provinsi Jawa Timur. Bukan hanya Erupsi Gunung Bromo tapi ada Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung sebagai potensi bencana yang ada di desa ini. Dengan ditunjukkannya Desa Tangguh Bencana ini Saya berharap Warga tanggap terhadap bencana dan bisa menyelamatkan diri.” Ujarnya.

Penilian itu sendiri di nilai oleh tim juri dari BPBD Provinsi Jawa Timur yang dihadiri oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagan Agus Legowo menuturkan “simulasi ini hampir sempurna Aparat Desa, Polsek Sumber, Koranmil Sumber, Puskesmas Sumber, Relawan (Kobar Bromo Semeru) dan Warga bekerja sama sangat apik dalam simulasi ini dan saya berharap pelatihan ini dapat ditularkan ke desa-desa yang lain. Selain itu dalam perwujudan segitiga biru pada lambang penanggulangan bencana kondisi ini telah memenuhi dua sisi yakni peranan antara pemerintah dan masyarakat” Tuturnya.

“Saya sangat berterima kasih buat warga dan relawan desa karena saya baru pertama kali kesini sudah di berikan hadiah yang sangat istimewa. Semoga si desa ini dijauhkan dari bencana” Imbuhnya.

Penilaian berlangsung selama beberapa jam sejak pukul 11.00 WIB hingga 14.30 WIB dengan rangkaian acara Penyambutan dengan tarian Bale Ganjur, Penilaian Administratif, Paparan Singkat, Ramah Tamah hingga simulasi yang diikuti oleh seluruh masyarakat dan pemerintah Desa Sumberanom. Tak hanya demikian Kapolsek Sumber, Komandan Koramil Sumber, Kepala Puskesmas Sumber dan Camat Sumber turut serta dalam memeriahkan kegiatan tersebut.

“Menang atau kalah kita berdoa saja yang terpenting adalah bagaimana proses hari ini tidak hanya sekedar menjadi hiasan hari ini namun dapat bersemi selalu dan tertanam dalam hati masyarakat akan budaya sadar bencana” Ujar Sudir selaku Ketua Komunitas Kobar Bromo Tengger Semeru di Wilayah Sumber.

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo