BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071/

PERINGATAN DINI
  • Waspada Angin Kencang di Musim Kemarau! Kenali BAHAYAnya, Kurangi RISIKOnya! Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah!

Tanah Longsor Di Desa Tlogosari Kecamatan Tiris

Tanah Longsor di Desa Tlogosari Kecamatan Tiris

PROBOLINGGO – Berdasarkan Laporan dari Relawan telah terjadi Tanah Longsor di Desa Tlogosari Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo pada Selasa, 17 Oktober 2017. Diduga longsor terjadi ketika dini hari sehingga laporan baru masuk pagi harinya. Sesuai hasil kajian dari TRC lokasi longsor cukup parah. Akses yang tertutup material longsor dan pembersihan dilaksanakan hingga Rabu, 18 Oktober 2017 menggunakan alat berat.

Terpantau terdapat 14 titik longsor. Meski sehari sebelumnya sudah dilakukan pembersihan, namun tak semua material longsor bisa dievakuasi. Maklum, material longsor berupa tanah dan batu ada yang susah dipindahkan secara manual. Pembersihan sendiri dilakukan bertahap. Mulai dari titik yang satu, ke titik yang lain. Untuk material longsor, dibuang ke sekitar lokasi.

Sebagai upaya darurat TRC PB melaksanakan pembersihan secara manual bersama masyarakat dan aparat setempat dengan membuat jembatan darurat agar akses dapat dilalui oleh masyarakat.

 “Jalan sudah dibuka, 14 titik longsor rampung dibersihkan semua. Adapun jembatan perlu ditangani dengan box culvert, masih akan direncanakan. Nanti ada loader untuk memasang,” terang Kepala Pelaksana BPBD Anung Widiarto.

Pembersihan itu dipimpin langsung Wakil Bupati Kabupaten Probolinggo, Timbul Prihanjoko. Sejumlah pejabat pun juga nampak hadir. Di antaranya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Prijono, Plt Kepala Inspektorat Tanto Walono, dan Kepala Pelaksana BPBD Anung Widiarto.

Hal senada disampaikan Camat Tiris Roby Siswanto. Ia mengatakan, enam titik longsor yang mengganggu fasilitas umum, sudah teratasi. “Namun, masih ada kendala di titik longsoran keempat, yang membutuhkan bangunan plengsengan. Ketika hujan kembali turun, rawan terjadi longsor. Kami butuh penanganan lebih lanjut dari BPBD untuk dapat melindungi badan jalan,” terangnya. (Sumber : https://www.jawapos.com/radarbromo/)

 

 

 

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo