BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Radius Aman Gunung Bromo 1 Km dari Kawah. Waspada Angin Kencang di Awal Musim Kemarau, Gunakan Air Secukupnya. Kenali BAHAYAnya Kurangi RISIKOnya - Salam Tangguh Bencana! #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana #KitaJagaALAMJagaKita

Tercatat 9 Kejadian Bencana Pada Bulan Februari Di Kabupaten Probolinggo

Tercatat 9 Kejadian Bencana Pada Bulan Februari  di Kabupaten Probolinggo

Awal Tahun 2019 tercatat 32 Kejadian Bencana yang tersebar di beberapa Wilayah di Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan informasi Badan Meteoologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) diprakirakan musim penghujan Tahun 2018/2019 akan berlangsung sejak Bulan Oktober hingga April 2019. Hasil pemantauan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) sejak Bulan Desember hingga Januari 2019 hari tanpa hujan di Kabupaten Probolinggo relatif pendek dan tingkat curah hujan mulai meningkat terutama pada daerah bagian selatan (dataran tinggi/pegunungan) di Probolinggo.

 

Kemudian pada Bulan Februari jumlah kejadian menurun, tercatat telah terjadi 9 kejadian bencana di Kabupaten Probolinggo pada bulan ini. Saat ini kejadian bencana tersebar di 7 kecamatan dengan rincian sebagai berikut,

 

  1. Tanah Longsor               : 6 Kejadian
  2. Angin Kencang               : 3 Kejadian

 

Jumlah kejadian pada bulan ini berkurang dari pada Bulan Januari, bila diamati pada bulan sebelumnya intensitas kejadian angin kencang lebih sering dibandingkan bulan ini. Kali ini kejadian tanah longsor mendominasi kemudian angin kencang. Tanah longsor terjadi di beberapa daerah dataran tinggi seperti di Desa Negororejo - Lumbang, Desa Sapikerep – Sukapura dan beberapa Desa di Kecamatan Sumber meliputi Desa Sumberanom, Desa Wonokerso dan Desa Ledokombo. Lokasi lokasi tersebut termasuk dalam Kawasan Risiko Bencana Tanah Longsor Kelas Tinggi (Sumber : Pemetaan Daerah Risiko Bencana). Hampir setiap tahun di musim hujan daerah daerah tersebut mengalami tanah longsor hanya frekuensi dan dampak longsor yang berbeda di setiap tahunnya.

 

Saat ini BPBD dalam upaya jangka panjang telah berkoordinasi dengan OPD terkait agar titik titik yang mengalami tanah longsor dapat diperbaiki secara struktural. Mengingat lokasi tanah longsor mayoritas berada di tepi Jalan Kabupaten. Sedangkan kejadian angin kencang pada bulan ini terjadi di Paiton, Kraksaan dan Krucil. Tidak ada Korban dalam kejadian bulan ini, hanya sebagai dampak kejadian angin kencang beberapa rumah warga mengalami kerusakan. Kejadian bencana pada bulan ini berdampak pada beberapa aspek seperti rusaknya insfrastruktur, lingkungan, permukiman dan terganggunya aktivitas masyarakat.  

 

Sesuai dengan pers release BMKG bahwa pada awal pada bulan ini masih termasuk dalam puncak musim penghujan dan pada awal Maret dihimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, terpantau terdapat Madden Julian Oscillation (MJO) yang tumbuh berkembang di Samudera Hindia sehingga diprakikaran dapat berdampak pada Bencana Hidrometeorologi di beberapa Wilayah di Indonesia termasuk Jawa Timur. (vd/pb)

 

Pusdalops PB

BPBD Kabupaten Probolinggo