BPBD Kab. Probolinggo

Jl. Raya Soekarno-Hatta No. 27 Probolinggo Telp. / Fax : (0335) 424071

PERINGATAN DINI
  • Status Gunung Bromo Waspada Level II - Rekomendasi PVMBG Radius Aman 1 Km dari Kawah Gunung Bromo - Waspada Krisis Air Bersih Dampak Musim Kemarau Panjang, Gunakan Air Seperlunya! Salam Tangguh Salam Kemanusiaan!

WABUP KUNJUNGI WARGA TERDAMPAK ERUPSI BROMO DI KECAMATAN SUMBER

WABUP KUNJUNGI WARGA TERDAMPAK  ERUPSI BROMO DI KECAMATAN SUMBER

SUMBER : Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko bersama BPBD Kabupaten Probolinggo dan OPD terkait memantau dampak erupsi Gunung Bromo, Selasa (2/4/2019) di Desa Wonokerso Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo. Kunjungan Wabup Timbul Prihanjoko yang didampingi oleh anggota DPRD Kabupaten Probolingggo Komisi B, Drs. Joko Wahyudi bertujuan ingin memantau perkembangan pembangunan didesa sekaligus untuk mengetahui permasalahan yang berada di 4 (empat) Desa, Yakni Desa Pandansari, Sumberanom, Ledokombo dan Wonokerso yang terdampak erupsi Gunung Bromo. Beberapa OPD turut mendampingi dalam kunjungan tersebut antara lain BPBD, Dinas Sosial, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas PMD, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja

Kepada Wakil Bupati warga yang diwakili oleh Kepala Desa mengeluhkan dampak dari erupsi gunung Bromo yang antara lain terancamnya ketersediaan pakan ternak yang tercemar oleh abu vulkanik, mengusulkan kebutuhan infrastruktur untuk mengurangi risiko bencana seperti TPT, Guard drill dan perbaikan jalan yang tergerus. Dalam kegiatan tersebut Wabup menekankan kepada OPD terkait untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat. Dinas Kesehatan juga menyampaika akan memberikan pengobatan gratis bagi Warga Desa Wonokerso dan sekitarnya.

Dalam Kunjungan kali ini, selain diikuti oleh OPD juga diikuti oleh BAZNAS Kabupaten Probolinggo yang memberikan bantuan bagi warga masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Bromo berupa Tandon Air dan Jerigen. Harapan ke depan bahwa peran Dunia Usaha dalam penanggulangan bencana semakin intens sebagai salah satu bentuk Tanggung jawab Sosial Perusahaan (CSR).

Bukan hanya dunia usaha, peran komunitas masyarakat, akademisi dan media juga sangat dibutuhkan dalam penanggulangan bencana seperti yang saat ini tengah digaungkan oleh Kepala BNPB yaitu Sinergitas Pentahelix dalam Mitigasi Bencana.

 

 

 

 

Kepala Pelaksana

BPBD Kabupaten Probolinggo